istilah di google analytics beserta Penjelasannya

Ketika kita masuk ke google analytics biasanya suka ada menu-menu asing yang mungkin kita semua kurang paham? nah berikut artikel2 istilah di google analytics beserta penjelasannya :

ISTILAH GOOGLE ANALYTICS : BOUNCE RATE

Bounce rate adalah persentase pengunjung yang langsung meninggalkan website setelah membuka satu halaman saja (Google Analytics). Yoast SEO menambahkan, bounce rate adalah keadaan di mana pengunjung hanya membuka satu halaman website tanpa melakukan tindakan apa pun. Mereka tidak menekan tombol menu, CTA, atau internal link lainnya di halaman tersebut.

Bounce rate dihitung menggunakan pembagian single page visit (kunjungan halaman tunggal) terhadap semua trafik yang masuk. Misalnya, website Anda mendapatkan trafik 1000 dan 500 di antaranya adalah single page visit. Jadi bounce rate Anda adalah 50%. Semakin tinggi persentase bounce rate menunjukkan ada yang salah dengan strategi Anda.

Bounce rate yang tinggi mengindikasikan satu dari dua kemungkinan. Pertama, kualitas konten di halaman tersebut terlalu buruk sehingga pengunjung tidak tertarik untuk mengeksplorasi konten-konten lainnya. Kedua, konten tidak sesuai dengan maksud (intent) pengunjung sehingga mereka mencari konten dari website lain yang sesuai dengan keinginannya.

Sampai di sini mungkin Anda sudah mulai bertanya-tanya, apakah website atau blog Anda memiliki bounce rate yang tinggi. Anda tidak perlu menghitung manual karena Anda bisa menggunakan Google Analytics untuk mengetahui bounce rate website/blog Anda. Jika belum punya Google Analytics di website, Anda bisa memasangnya dengan mengikuti panduan memasang Google Analytics di WordPress.

ISTILAH GOOGLE ANALYTICS : SESSIONS

Konsep session di Google Analytics penting untuk dipahami karena banyak fitur, laporan, dan metrik tergantung dari bagaimana Analytics menghitung session.

Session adalah berapa lama kegiatan-kegiatan yang ada di website anda berlangsung. Satu session bisa terdiri dari banyak kegiatan seperti membaca halaman website, chatting di forum, dan transaksi ecommerce.

kira kira konsep sederhana Sessions adalah seperti ini jumlah visitor yang mengunjungi website Anda / kunjungan (visit). Tiap 1 visitor yang mengunjungi website dihitung 1 sessions. Namun jika visitor tersebut tidak melakukan aktivitas apapun pada website selama 30 menit maka jika dia kembali mengakses website, akan terhitung 2 sessions.

istilah di google analytics
istilah di google analytics

ISTILAH GOOGLE ANALYTICS : Average Sessions Duration (avg)

Average session duration atau avg. session duration merupakan total dari durasi dalam semua sessions (dalam hitungan detik) dibagi dengan jumlah keseluruhan keseluruhan sessions.

Perhitungan untuk setiap individual session duration bisa berbeda-beda berdasarkan kondisi dimana terdapat engagement hits pada page terakhir dalam sebuah session. Engagement hits sendiri dapat kita atur berdasarkan parameter tertentu dalam tracking code. Sebagai contoh, jika Anda menerapkan parameter engagement hits dalam sebuah page adalah ketika user atau visitor memutar video dalam sebuah page di website, maka engagement hits didapat ketika user/visitor tersebut telah memutar video dalam page tersebut.

PAGE VIEWS

Setiap halaman website yang terbuka akan dihitung sebagai pageviews. Halaman yang sama namun dibuka berulang-ulang kali juga akan terhitung sebagai pageview. Misalkan Budi membuka halaman Home, Kontak, Tentang, kembali ke Home, Produk, dan kembali lagi ke Kontak. Interaksi Budi dengan website kita tersebut akan menghasilkan 6 pageviews.

artikel ini saya kolekting dari niagahoster dan artikel lainnya untuk pengingat biar ga lupa

artikel tentang PEMETAAN ada disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *